SMK IBRAHIMY 2 SUKOREJO - SITUBONDO

Jl. KHR. As'ad Syamsul Arifin Sukorejo - Sumberejo - Banyuputih - Situbondo - 68374

Bidang Keahlian

1) Teknik Komputer & Jaringan (TKJ). 2) Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP)

85%

Joomla

95%

HTML

80%

CSS

90%

Wordpress

SMK IBRAHIMY 2 SUKOREJO - SITUBONDO

Status : Akreditasi B

SMK Ibrahimy 2 Sukorejo merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Banyuputih Situbondo Jawa Timur. Kelahiran SMK Ibrahimy 2 Sukorejo tidak terlepas dari kelahiran SMP Ibrahimy 2 Sukorejo sebagai lembaga baru di bawah naungan PP. Salafiyah Syafi’iyah yang khusus mewadahi putra-putri di sekitar PP. Salafiyah Syafi’iah yang tidak berasrama dengan menggunakan pola pembelajaran yang berbeda dengan lembaga pendidikan yang sama-sama berada di bawah naungan PP. Salafiyah Syafi’iyah, seperti SMP Ibrahimy 1, SMK Ibrahomy 1 Sukorejo dan SMA Ibrahimy Sukorejo. SMK Ibrahimy 2 Sukorejo menyelenggarakan kurikulum terpadu dengan muatan kompetensi keahlian sesuai dengan kurikulum yang berlaku secara nasional dan muatan lokal berupa kompetensi kepesantrenan yang dititikberatkan pada penguasaan membaca al-qur’an, kitab kuning dan perilaku yang baik (akhlakul karimah).

SMK Ibrahimy 2 Sukorejo pada awal berdirinya berstatus Sekolah Menegah Atas Ibrahimy 2 (SMA Ibrahimy 2) Sukorejo. Pendirian SMA Ibrahimy 2 Sukorejo yang kemudian berubah menjadi SMK Ibrahimy 2 Sukorejo adalah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) usia SLTA di Kecamatan Banyuputih pada umumnya dan sebagai tindak lanjut dari usulan dan masukan dari orang tua siswa, tokoh masyarakat dan alumni SMP Ibrahimy 2 Sukorejo yang mengharapkan adanya Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang memiliki sistem dan pengelolaan yang sama dengan SMP Ibrahimy 2 Sukorejo.

Untuk mewujudkan hal dimaksud, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Sumberejo, Banyuputih, Situbondo atas dasar surat permohonan Kepala Bidang Pendidikan PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo nomor : 0838/311/C/7.f/v/2006 tentang permohonan rekomendasi pendirian SMA Ibrahimy 2 Sukorejo, maka Pengasuh PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo membentuk Panitia Pelaksana Pendirian SMA Ibrahimy 2 Sukorejo dengan Surat Keputusan (SK) nomor : 0828/115/M.3.a/V/2006 yang beranggotakan sembilan orang, yaitu: 1) Drs. Abd. Rahem Adenan, M.Pd.I., 2) L. Supratman, S.Ag., 3) Shalihin, S.Ag., 4). Ach. Baihaki, M.HI., 5) Badruddin, S.Pd.I., 6). Khairul Anam, S.Ag., 7) Tatok Julianto, S.Ag., 8) Umar Hasan, M.Pd.I., 9) Drs. Tasrufi Umar.

Dengan SK Pengasuh nomor : 0828/114/M.3.a/V/2006 tanggal 30 Mei 2006, SMA Ibrahimy ditetapkan sebagai sekolah baru di bawah naungan PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Banyuputih Situbondo.

Dalam perkembangan selanjutnya, SMA Ibrahimy 2 Sukorejo berubah status menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Ibrahimy 2 Sukorejo), perubahan status ini didasarkan pada:

Pertama, Surat Edaran Mendikna bulan Januari tahun 2007 yang berisi bahwa orientasi kebutuhan pendidikan jangka panjang adalah dengan meningkatkan rasio kelulusan 60% untuk SMK dan 40% untuk SMA.

Kedua, hasil rapat antara Kepala Bidang Pendidkan, Sekretaris Pesantren dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo serta usulan dan saran dari wali murid, akhirnya diputuskan SMA Ibrahimy 2 Sukorejo berubah status menjadi SMK Ibrahimy 2 Sukorejo.

A. VISI
Lahirnya insan profesional yang beriman, berilmu, beramal, bertaqwa, berakhlaqul karimah, cerdas, dan berjiwa wirausaha, sebagai kader muslim khaira ummah.

B. MISI
1. Mengembangkan manajemen pendidikan yang trasparan, akuntabel, aprtisipatif, dan efesien
2. Melaksanakan proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
3. Menciptakan suasana sekolah yang dinamis, harmonis dan komunikatif
4. Mengembangkan kemapuan profesionalisme, dan kewirausahaan di sekolah
5. Membiasakan peserta didik disiplin belajar, berfikir ilmiah, dan memiliki etos kerja
6. Meningkatkan prestasi olah raga, dan seni budaya sesuai dengan bakat dan potensi siswa
7. Mengefektifkan pembelajaran ilmu-ilmu agama dan pengamalannya
8. Menumbuhkembangkan budi luhur dan aklaqul karimah.