IPTEK

Perbedaan antara WiMAX & WiFi

Perbedaan antara WiMAX & WiFi

WiMax dan Wi-Fi keduanya teknologi kontemporer untuk menghubungkan anda ke Internet, desain dan teknologi dari kedua sistem berbeda secara substansial. Jaringan WiMax menyiarkan sinyal untuk jarak jauh dari menara outdoor, dan bergantung pada infrastruktur komputer untuk mengotentikasi pelanggan dan menghubungkan mereka ke Internet.

Sebaliknya Jaringan Wi-Fi, digunakan untuk area yang relatif kecil, wi-fi menyediakan konektivitas internet untuk pengguna dalam sebuah gedung atau area yang kecil.

 

Pengertian WiMax

WiMax adalah bagian dari anggota teknolgi 4G, generasi keempat dari sistem transmisi data seluler dan wireless. WiMax dirancang untuk mengirimkan data pada kecepatan tinggi melalui jarak yang relatif jauh. Lima mil adalah kisaran perkiraan rata-rata untuk sinyal menara WiMax standar, meskipun beberapa percobaan penyebaran menunjukkan cakupan mungkin hampir 30 mil di atas medan datar.

Sebagai jaringan layanan telekomunikasi WiMax dibatasi untuk pelanggan, dan setiap menara didukung oleh infrastruktur besar yang mengontrol akses, kecepatan, frekuensi radio dan data "backhaul" ke inti jaringan dan internet yang lebih besar. Jaringan WiMax nasional dan multi-kota dapat mengaktifkan "roaming" di berbagai lokasi. Baca pengertian wimax

 

Pengertian Wi-Fi

Wi-Fi juga merupakan teknologi radio untuk transmisi data digital, dan didasarkan pada Institute of Electrical and Electronics Engineers '(IEEE) "802.11″ keluarga standar teknologi. Router Wi-Fi bisa digunakan di mana saja yang jelas ada pasokan listrik dan koneksi internet broadband. Router bekerja dengan cara menghubungkannya ke modem internet dan penyiaran sinyal radio ke komputer terdekat. Sinyal Wi-Fi biasanya memiliki jangkauan beberapa ratus meter tanpa hambatan, dan varian terbaru dapat memberikan kecepatan maksimum teoritis hingga 300 mbps. Baca pengertian wireless

 

Perbedaan antara WiMax dan Wi-Fi

Jaringan WiMax terbilang mahal untuk pembanguanan infastruktur dan perawatannya, membutuhkan antena outdoor atau menara dan BTS dengan peralatan pendukung.

Kecepatan WiMax biasanya terpusat sekitar 5 mbps, meskipun terkadang bisa lebih dari itu. Pengguna wiMax dapat menyebarkan antena WiMax untuk menutupi sebagian besar wilayah sebuah kota atau metropolitan, mirip dengan jaringan data seluler. Pelanggan membutuhkan modem WiMax khusus untuk mengakses jaringan WiMax.

Wi-Fi, di sisi lain, relatif murah, kecil, router portabel yang dapat dibeli dengan harga murah. Wi-Fi tidak memerlukan infrastruktur pendukung, tapi jaringan hanya mencakup jarak dekat. Wi-Fi adapter bahkan lebih murah daripada router Wi-Fi, dan kebanyakan komputer portable atau laptop memilik adpter wireless

 

Masa Depan Dua Teknologi ini

Kecepatan Wi-Fi terus meningkat sejak diperkenalkannya pada awal tahun 2000. Kecepatan 802.11n sekarang dapat mencapai maksimum teoritis 300 mbps, dan standar Wi-Fi terus berkembang dengan teknologi yang dirancang untuk mengurangi gangguan. Wi-Fi akan tetap standar untuk konektivitas jaringan jarak pendek di masa mendatang.

Pada awal tahun 2011, beberapa ratus jaringan WiMax telah dikerahkan di seluruh dunia, tetapi sebagian besar digunakan untuk aplikasi khusus. Standar WiMax terus berkembang menuju kecepatan yang lebih tinggi dan teknologi jangkauan yang lebih panjang, meskipun berada di bawah tekanan yang meningkat dari teknologi 4G seperti LTE.

2 Comments

1

2016/12/10, 22:42:29

20

1

2017/09/21, 15:37:12

20

Leave a Replay

Make sure you enter the(*)required information where indicate.